05 Oktober 2011

JENIS SISTEM DALAM THERMODINAMIKA

Dalam ilmu Thermodinamika, seringkali digunakan istilah sistem untuk mempermudah analisa yang terjadi. Sistem adalah segala sesuatu yang dipelajari dan menjadi pusat perhatian kita. Sedangkan daerah di luar sistem dinamakan surroundings yang dibatasi oleh boundary.
Ada dua jenis sistem Thermodinamika dasar, yaitu closed system ( sistem tertutup ) dan control volume (volume atur). Perbedaan keduanya adalah adanya massa yang mengalir melewati boundary atau tidak. Closed System selalu berisi materi yang sama, dimana perpindahan massa melalui boundary tidak dimungkinkan. Pada gambar (a) terlihat ada daerah titik-titik hitam. Daerah tersebut merupakan sistem yang harus dianalisis dan disebut Closed System karena tidak ada massa yang keluar atau pun masuk. 
Sedangkan analisa untuk Control Volume adalah dengan memperhatikan perpindahan massa yang melalui boundary. Pada gambar (b) terlihat ada daerah titik-titik hitam yang dibatasi garis kotak putus-putus. Daerah tersebut merupakan sistem yang harus dianalisis dan disebut control volume karena  ada massa yang keluar dan masuk.
 Sekedar tambahan, terminologi control mass seringkali digunakan dalam closed system dan istilah open system disetarakan dengan control volume.

1 komentar:

  1. Wynn Hotel Las Vegas - Mapyro
    Wynn Hotel Las Vegas · Encore 사천 출장안마 Tower Suite Parlor · Encore Tower Suite King · Encore 성남 출장마사지 Tower Suite Salon · Encore 충청남도 출장안마 Panoramic View 남원 출장마사지 King · Wynn Tower Suite  Rating: 4.5 삼척 출장마사지 · ‎341 reviews

    BalasHapus